Konsumsi Kefir pada Ibu hamil

Probiotik pada kehamilan.

Kehamilan

“It’s 7 week Mbak…” suara Jeng Naom di HP saya. Kami terkekeh-kekeh…. baru sebulan sebulan Jeng Naom resign untuk mengurus Varo, anak pertamanya yang beru berusia 8 bulan (kurang-lebih), dia sudah dapat hadiah lagi….

Waktu USG di Bunda, kami masih ragu-ragu, karena dari trans-abdomen. Usulan kontrol ke Dokter Sri… dia jabanin. Dengan pemeriksaan Transvaginal, kehamilannya positif 7 Minggu.

“Aduh… repotnya Mbak, tau sendiri kalau masih trisemester 1 aku gak bisa masuk makanan. Pagi makan…. siang muntah…” Keluhnya.

“Kasihan… Masih di minum Kefirnya Jeng?”  Saya penasaran…. apakah kefir juga dimuntahkan.

“Masih Mbak… kalau minum susu itu aku nggak muntah.”

“Memangnya nggak asem Jeng?”

“Justru karena asem jadi enak, boleh kan aku minum itu? Kalau minum itu tuh enak, aku jadi lancar pup-nya. Biasa kan masalah bumil, susah pub. Tiap pagi aku minum.”

“Boleh Jeng, justru asam folatnya banyak…. bagus untuk perkembangan janin. Trus Jeng nanti nggak sakit-sakitan, jadi janinnya bakalan bebas dari obat-obatan.” Kata saya berpromosi.

Saya masih heran bagaimana kefir yang sangat asam bisa dengan mudah ditelah oleh ibu hamil pada trisemester pertama kehamilannya. Padahal pada tahap ini hampir seluruh makanan dimuntahkan. Kefir sungguh ajaib!

3D Trimester 1

3D image janin trimester 1

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah selebaran pada acara PIT POGI di hotel Sangrila, tentang pentingnya probiotik bagi ibu hamil dan menyusui. Dibawakan oleh seorang profesor dan produsen susu terkenal. Meski saya tidak ikut seminarnya, saya bisa menyimpulkan minuman probiotik sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui.

Saya menduga susu kaya probiotik khusus ibu hamil dan menyusui yang akan dipasarkan oleh produsen susu tersebut pasti akan merogoh isi kantong yang cukup dalam. Kefir adalah sumber probiotik alami yang murah dan kaya manfaat. Asam folat adalah salah satu jenis asam yang melimpah pada kefir susu. Probiotik membantu pencernaan menjadi lebih efektif dan rongga perut akan terasa bersih.

Rutinitas meminum Kefir sebaiknya diawali sebelum rencana kehamilan, sehingga kualitas sperma dan telur akan sempurna. Saat kehamilan zat-zat senyawa kefir sangat berguna bagi si Ibu dan janin. Sang ibu akan terhindar dari gangguan batuk pilek sehingga janinpun akan terbebas dari pengaruh obat influenza dan antibiotik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

