Cara Kerja Kefir:

Bagaimana kefir bekerja:

1.      Mengendalikan Berat Badan

Sebuah riset yang dimuat di International Journay of Obesity beberapa tahun lalu menyebutkan bahwa kefir sangat berperan mengendalikan berat badan. Kefir dapat membantu membakar kadar lemak berlebih, dan melancarkan program penurunan berat badan bagi mereka yang menjalankannya.

Kefir yang dimaksud dalam kasus ini adalah plain kefir (kefir polos yang belum diberi gula dan bahan tambahan lainnya), dan dibuat dengan susu skim rendah lemak.

Konsumsi plain kefir sebanyak 200-300 ml perhari, diimbangi dengan disiplin menjaga asupan kalori tidak melebih 1500 kalori (angka ini dapat berbeda pada setiap orang). Kefir plain mengandung sangat banyak nutrisi yanga akan memacu metabolism tubuh, yang menyebabkan tubuh anda membakar kalori lebih banyak.

2.      Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Kefir memiliki kandungan kalsium organik yang tinggi. Selain itu juga mengandung magnesium. Kombinasi kalsium organic dan magnesium pada kefir sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Biasanya terjadi pada wanita yang memasuki masa menoupouse dimana aktivitas hormone berubah dan menyebabkan kebutuhan kalsium meningkat drastic. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Inilah pemicu osteoporosis.

Kalsium organic pada susu dan kefir adalah jenis kalsium yang paling mudah diserap oleh tubuh kita.

3.      Meredakan nyeri saat menstruasi

Kalsium dan beberapa zat gizi pada kefir baik untuk mengendalikan kontraksi otot rahim agar tidak berlebihan, sehingga akan meredakan kram perut atau nyeri haid.

4.      Baik untuk penderita gangguan fungsi hati/liver (sumber: artikel RS. John Hopkins)

Tugas hati/liver adalah menetralisir racun dalam tubuh. Konsumsi alkohol, obat-obatan, makanan berlemak tinggi, gaya hidup stress, dan bahan makanan sintesis akan membuat liver sangat menderita. Kefir berperan secara tidak langsung dalam meringankan beban kerja liver, dengan  mencegah alkohol berlebih masuk ke liver. Seorang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol sedikitpun, ternyata bisa juga memiliki kadar alkohol dalam tubuhnya. Percernaan kita (dalam kondisi tidak sehat) juga menghasilkan alkohol. Alkohol tersebut berasal dari aktivitas bakteri jahat yang ada di usus halus, yang dengan ‘seenaknya’ menyantap gula yang belum sempat terserap usus. Nah, gula tersebut diubahnya menjadi alkohol, yang sangat cepat diserap usus, lalu masuk ke darah, lalu harus dinetralisir dalam liver.

Aktivitas bakteri jahat inilah yang secara tidak langsung membebani liver kita tanpa kita sadari. Agar tidak terjadi fermentasi alkohol dalam pencernaan kita bakteri jahat harus dibasmi dengan bakteri probiotik pada kefir.

Rajin mengkonsumsi kefir tidak hanya menekan terbentuknya ‘alkohol laten’ dalam tubuh kita, namun juga memberikan beberapa nutrisi yang juga dibutuhkan oleh liver.

5.      Bagaimana kefir menyembuhkan diabetes?

Menyediakan gizi yang sempurna.

Nutrisi yang ada pada kefir, menyediakan bahan-bahan yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk sel-sel pancreas yang menghasilkan insulin.

Kefir juga menyediakan bahan baku yang diperlukan untuk memproduksi insulin.

Memperbaiki pencernaan dan metabolisme.

Kefir adalah pangan fungsional probiotik terbaik. Mengandung lebih dari 50 jenis mikroba yang bersahabat dengan manusia. Para ahli kesehatan percaya bahwa 90% dari penyakit dalam, dimulai dengan gangguan pencernaan. Bakteri pada kefir turut membantu mencerna makanan yang masuk, sehingga efektivitas makanan menjadi optimal. Kefir juga merupakan serat yang sangat baik, sehingga mencegah sembelit. Cairan kefir juga merupakan air hidup, yang mudah diserap tubuh sehingga membantu mengantarkan zat yang diperlukan ke dalam sel untuk metabolisme. Air ini membantu masuknya nutrisi ke sel, mirip dengan fungsi insulin.

Membantu tidur lelap

Perbaikan sel paling efektif terjadi pada saat tidur lelap. Tryptophan yang terdapat pada kefir membantu terjadinya tidur yang lelap. Perbaikan sel pancreas, disertai penyediaan bahan baku yang memadai untuk pembuatan insulin adalah proses penyembuhan diabetes.

Kefir juga digunakan untuk mengatasi imsomnia.

6.      Mengobati maag:

Kefir mengandung tryptophan yang membantu merelaksasi syaraf, sehingga rasa sakit berkurang dan penderita dapat tidur untuk member kesempatan pada sel-sel yang rusak memperbaiki diri. Dengan relaksasi sekresi asam lambung berkurang.

Kefir menetralkan racun (detoksifikasi) yang terdapat dalam lambung, sehingga mencegah kerusakan lambung lebih jauh.

Kefir mengandung kalsium, magnesium, lemak dan protein yang dapat menetralkan asam lambung.

Kefir mengandung antibiotika yang membunuh sebagian besar bakteri Helycobacter Pylory, tapi tidak membunuh beneficial bacteria lainnya, bakteri yang bermanfaat.

Kefir mengandung friendly bacteria, yang menjaga keseimbangan eksistensi banteri yang bermanfaat dengan bakteri pathogen, serta menyediakan bakteri di usus untuk meningkatkan kemampuan pencernaan, sehingga tubuh memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

Kefir mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh dalam mengganti sel-sel yang rusak.

Kefir dapat menanggulangi maag dalam derajat kerusakan tertentu.Bila lambung sudah bocor tindakan operasi perlu dilakukan. Berdasarkan pengalaman, bila masih dalam tahap radang (gastritis), dalam waktu kurang dari 2 minggu sudah dapat dituntaskan.

Dalam keadaan yang parah, yaitu terjadi luka pada dinding lambung yang ditandai dengan keluarnya darah bersama kotoran (atau tinja sampai berwarna hitam), seringkali dilakukan pengobatan dengan antibiotic terlebih dahulu. Pada kondisi ini pengobatan dengan kefir belum dapat diberikan. Kefir memiliki fungsi detoksifikasi yang kuat, menganggap antibiotic sebagai racun dan akan dinetralkannya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar proses pengobatan berjalan efektif.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: