Langsing dengan Kefir

Mungkin tepatnya bukan sekedar langsing, tapi proporsional. Perbandingan berat dan tinggi saja tidak terlalu tepat, karena ada orang dengan bahu dan pinggul yang lebih lebar, maka berat proporsionalnya juga akan berbeda.

 

Tubuh proporsional adalah karunia. Tapi seringkali tidak datang begitu saja, perlu upaya yang dari perilaku keseharian kita. Namun kita baru menyadari kebutuhan tubuh proporsional, ketika masalah sudah muncul. Kebanyakan kelebihan berat badan. Namun yang merasa terlalu kurus juga lumayan banyak.

 

Kali ini saya akan bahas tentang menjadi langsing untuk yang (merasa) kegemukan, dengan memanfaatkan Kefir. Dengan program ini, tidak ada penderitaan yang berlebih, sehingga tidak terjadi “balas dendam”, dimana masa lapar pada saat diet ketat dibalas setelahnya, dan menghancurkan hasil diet ketat.

 

KENAPA DENGAN KEFIR ?

  • Pertama, karena Kefir memiliki nutrisi yang lengkap, sehingga tidak ada bagian nutrisi yang kita butuhkan menjadi hilang sama sekali.
  • Kedua, Kefir menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit, karena memiliki kemampuan anti oksidan, antibiotika alami dan probiotik yang menjaga pencernaan berfungsi optimal.
  • Ketiga, Kefir adalah makanan, sehingga membentuk pola makan yang baru tidak akan mengalami kesulitan. Ini juga mengubah pembentukan selera dan perilaku makan kita selanjutnya.

 

LANGKAH MENJADI LANGSING.

 

1.  Yakinkan bahwa pencernaan anda baik.

Kalau belum yakin, seminggu pertama, minum Kefir Prima sehari tiga gelas, sebelum makan.

 

2.  “Kecilkan” ukuran lambung.

Ini langkah terpenting. Kita harus kenyang dengan porsi makan yang sedikit. Program ini membutuhkan jadwal makan 3 kali sehari, dengan prioritas pada makan pagi. Caranya, sesaat sebelum makan pagi, minum Kefir 1 gelas. Ini akan mempercepat rasa kenyang. Kemudian ambil nasi dan lauknya pada volume maksimal 60% dari biasanya (porsi makan siang). Kalau perlu, sesudah mengambil makanan, pindah dari meja makan, supaya godaan nambah tidak terlalu besar. Selesai makan SEGERA gosok gigi. Kalaupun masih lapar, tunggu minimal 2 jam, dan silakan makan lagi dengan volume maksimal 30% dari porsi kebiasaan dulu, dan sesudahnya SEGERA gosok gigi lagi. Begitupun untuk makan siang dan makan malam. Pagi dan siang gunakan Kefir Prima, untuk malam Kefir Bening. Bila membuat sendiri dengan bibit praktis, samakan saja semuanya Kefir Optima.

Ini bisa berjalan sampai dua minggu atau lebih. Dan dalam proses ini bisa-bisa berat badan anda tidak turun. Tapi perhatikan, bahwa makin lama, munculnya kembali rasa lapar makin lambat. Proses ini selesai bila rasa lapar anda muncul pada jadwal makan (siang, dan malam — tanpa perlu diganjal di antaranya).

Langkah ini juga mengadopsi prinsip ” “Makanlah ketika lapar, dan berhenti sebelum kenyang”.

Program ini sering dirusak oleh pendapat bahwa kita boleh makan sayuran dan buah-buahan sebanyak-banyaknya, karena nilai gizinya rendah. Nilai gizi memang rendah, tapi lambung menjadi melar, dan kalau ada makanan yang bergizi tinggi, maka akan mempu mengonsumsi dalam volume banyak. Ini merusakkan sasaran kita untuk langsing.

 

3.  Kurangi (bagusnya STOP) ngemil.

Ini biasanya langkah yang lumayan berat, karena banyak yang kelebihan gizi justru dari ngemil, termasuk yang baru berhenti merokok. Kalaupun terlalu sulit, ganti cemilannya menjadi buah-buahan, juice atau minuman isotonik. Kombucha lebih bagus. Yang paling jahat adalah kue berbasis terigu dan mentega.

 

4. Tambah porsi olahraga.

Olahraga merupakan kebutuhan yang tidak tergantikan, dan harus dilakukan tiap hari. Beruntung muslim mewajibkan shalat 5 waktu. Ini olahraga yang paling minimal. Bagusnya di masjid/berjamaah, karena akan nambah olahraga jalan kaki, dan tambah beberapa rakaat shalat sunat. Kemudian berdoa dan bersilaturahmi di masjid, yang dalam  kesehariannya tidak akan ada cemilan/makanan disana.

 

MASIH GAGAL ??

Mungkin berat badan anda tidak turun setelah beberapa bulan menjalankan program ini. Tapi perhatikan, tidakkah anda merasa lebih segar, otot2 lebih kencang, kulit lebih bersinar, jerawat lenyap dan tampilan lebih menyenangkan?

Ukuran berat bukan segalanya.

Minimal, anda akan jauh lebih sehat dari sebelumnya !!

 

Jadi, jangan sebut gagal. Anda telah menjadi sosok yang lebih indah. Kalau masih mau lebih langsing lagi, anda sudah tahu caranya. Kecilkan lagi lambung anda, karena pencernaan dan metabolisme anda suidah lebih efisien dari sebelumnya !!

 

PUASA SUNNAH.

Ambil setiapkali kondisi  memungkinkan, tapi jangan dipaksakan, sesuaikan juga dengan kebutuhan kegiatan anda.

Luar biasa !! Tidak perlu dengan niat untuk menjadi lebih langsing, tapi untuk menyampaikan syukur kepada Sang Pencipta. Anda akan heran “bonus” yang akan anda dapat !

 

Selamat menjadi langsing…….

 

Diracik dari berbagai sumber untuk Komunitas Kefir Indonesia di Facebook.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: