Jus Buah Kefir

Minum kefir plain bagi yang tidak terbiasa membutuhkan tekad yang kuat. Mengingat manfaatnya, minuman ini gak pernah absen dari menu makan dan minum sehari-hari saya. Untuk menyiasati rasanya saya sering membuat jus kefir dengan aneka buah. Diantaranya:

1. Jus Kefir Jambu Merah

Satu buah jambu merah di kupas. Tabahkan 100 cc kefir plain. Kedua bahan diblender dan saring bijinya. Jadi sudah Jus Kerfir Jambu Merah. Biasanya saya tidak menambahkan gula lagi. Kalau masih agak asam bisa ditambahkan dengan air gula. Rasanya segar dan sedikit bersoda. Diminum dingin lebih nikmat.

2. Banana+Strowberry Smoothie Kefir

Satu buah pisang ambon manis yang besar dan tiga buah strowberry ukuran sedang. Kedua bahan di jus dengan kefir 100 cc. Jus ini juga sudah manis alami dari buah pisang, menurut saya. Jika kurang manis bisa ditambahkan air gula.

3. Jus Alpukat kefir

Satu buah alpukat dan kefir 100 cc ditambah dengan air mineral agar tidak terlalu kental di jus dengan air gula secukupnya (karena rasa alpukat yang tawar, kayaknya nggak enak minum jus nggak ada mais-manisnya).

Awalnya saya ragu membuat jus alpukat dengan kefir, tapi rasanya enak juga. Makin kaya rasa, ada asam… gurih… manis…. dan sedikit sparkling….

4. Jus Semangka Kefir

Potong-potong buah semangka secukupnya dengan 100 cc kefir. Kemudian di jus. Tidak perlu di tambah gula, buah semangka segar sudah cukup memberi rasa manisnya.

 

Catatan: Jus buah kefir sebaiknya diminum segera setelah dibuat. Jika tidak rasanya semakin lama akan semakin asam. Atau simpan di lemari pendingin bersuhu 0-4 derajat celcius agar rasanya tidak semakin bertambah asam. Ini adalah sifat alami dari kefir yang mengubah gula menjadi asam.

One response to this post.

  1. Blogwalker Here.. :))

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: