Menjaga Kebersihan Rongga Mulut dengan Kefir

Menjaga kebersihan rongga mulut

Memasuki hari ke 8 di Bulan Ramadhan…. alhadulilah badan saya masih bugar dan belum putus menjalankan ibadah puasa. Hingga detik ini rasa lapar belum menggebu (efek mengkonsumsi kefir?!). Hanya lingkar pinggang saya yang mulai menyusut ditandai dengan longgarnya ban pinggang celana panjang saya.

Selama berpuasa, mulut tidak dimasuki makana hampir 18 jam. Keadaan ini membuat mulut asam sehingga bakteri yang tersisa di rongga mulut lebih cepat membusuk menimbulkan bau mulut.

Beberapa tips bagi yang berpuasa adalah menggosok gigi setelah makan sahur dan berkumur dengan obat kumur. Ternyata sikat gigi saja tidak cukup membuat rongga mulut kita terbebas dari bakteri. Dulu saya selalu menggunakan Minosep sehabis makan sahur entah saat menjalankan puasa sunnah atau wajib. Memang rongga mulut saya terasa bersih dan keinginan untuk makan berkurang. Namu efek sampingnya mulut terasa baal bahkan sampai saat berbuka puasa, membuat makanan yang saya santap jadi berkurang citarasanya🙂

Rajin dan teratur mengkonsumsi kefir ternyata membuat rongga mulut terjaga kebersihannya. Awalnya saya tdak percaya dan tetap berkumur Minosep jika akan puasa. Tetapi karena persediaan Minosep habis jadi saya hanya sikat gigi saja setelah makan sahur. Dan ternyata saya merasakan tanpa obat kumurpun rongga mulut saya tetap bersih sepanjang hari. Herannya lagi bau mulut pun tidak tercium.

Saya selalu menutup makan sahur dengan jus buah kefir.

Saya jadi merenung, kefir kan membunuh bakteri-bakteri patogen yang membahayakan rongga pencernaan. Termasuk rongga mulut sebagai gerbang utama perncernaan. Mungkin…. ya… karena rongga pencernaan saya terbebas dari bakteri-bakteri yang berbahaya tadi dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai colon sigmoid saya bersih…. jadi deh saya tidak bau mulut.

Alhamdulilah sih… gigi2 saya tidak ada yang berlubang, jadi tak ada makanan busuk atau bakteri2 pembusuk yang bersarang di sana.

Nah…. kesimpulan saya, buat teman-teman yang ingin tetap terjaga kebersihan rongga mulutnya, minum saja kefir secara teratur. Selain mendapatkan manfaat gizinya yang baik bagi tubuh dan kesehatan Anda, Anda pun dapat berhemat, mengurangi pengeluaran untuk membeli obat kumur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: