Bagaimana Kefir Menyembuhkan Sakit Maag?

Maag adalah infeksi / radang lambung atau gastritis, gastric/stomach ulcer, duodenal ulcer atau peptic ulcer. Terjadi antara lain karena:

  • Lambung sedang kosong ketika terjadi sekresi asam lambung dan enzimpepsin. Akibatnya asam dan enzim tersebut ‘memakan’ dinding lambung, menembus lapisan pelindung (mucus).
  • Mengkonsumsi aspirin, ibuprofen, naproxen sodium, asam mefenamat dan sejenisnya yang banyak terdapat pada obat demam dan penghilang rasa sakit, yang mampu mengikis pelindung dinding lambung dan menimbulkan iritasi. Kafein, rokok dan alkohol dapat memperlemah daya lindung mucus.
  • Bakteri Helicobacter Pylori yang mampu menembus dinding lambung. Bakteri inilah yang bertanggung jawab pada sekitar 80-90% radang lambung. Pada radang kronis, dipastikan bakteri ini selalu hadir. Untuk melindungi dirinya dari asam lambung, bakteri ini mengeluarkan enzim urease, yang bisa menetralkan asam lambung.

Obat maag bekerja dan berakibat sebagai berikut:

  • Menetralkan asam lambung. Biasanya garam magnesium atau garal aluminium (plus analgesik). Obat semacam ini hanya menetralkan asam lambung dan ‘membius’ syaraf sehingga rasa sakit lenyap. Penggunaan penetral asam lambung dalam jangka panjang dapat mengakibatkan batu ginjal. Umumnya penggunaan dibatasi hanya 5 hari. Peringatan ini sering diabaikan (sengaja?) melalui iklan yang menyesatkan.
  • Membunuh bakteri Helicobacter Pylori dengan antibiotika. Obat ini membunuh semua bakteri lain (termasuk bakteri yang bermanfaat). Sembelit merupakan efeksamping yang paling terasa, karena semua bakteri dalam usus yang mendekompensasi sisa makanan ikut mati.
Dari mulut - anus

Gangguan sistem pencernaan

Kefir mengobati maag sebagai berikut:
  • Tryptophan pada kefir berfungsi untuk relaksasi syaraf, sehingga rasa sakit berkurang dan penderita dapat tidur nyenyak agar sel-sel rusak dapat memperbaiki diri. Dengan relaksasi, sekresi asam lambung berkurang.
  • Kefir, menetralkan racun yang terdapat di lambung sehingga mencegah kerusakan lambung lebih jauh.
  • Kefir mengandung kalsium, magnesium, lemak dan protein untuk menetralkan asam lambung. Rasa masam pada kefir, berfungsi sebagai ‘rem’ bagi produksi asam lambung (acid pump inhibitor).
  • Kefir mengandung friendly bacteria, yang menjaga keseimbangan bakteri yang bermanfaat dengan bakteri patogen, serta menyediakan bakteri di usus untuk meningkatkan kemampuan pencernaan.
  • Kefir mengandung nutrisi, vitamin dan mineral, yang diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Kefir dapat menaggulangi maag sampai suatu derajat tertentu. Dari pengalaman, bila masih dalam tahap radang (gastritis), maka dalam waktu kurang dari dua minggu sudah dapat dituntaskan. Sejauh ini belum ada yang tidak sembuh dalam waktu satu bulan. Bila sudah terjadi luka pada lambung yang ditandai dengan keluarnya darah bersama kotoran (tinja berwarna hitam), diperlukan pengobatan dengan antibiotik. Diperlukan tenggang waktu antara minum kefir dengan minum antibiotik, agar keduanya tidak bertemu di lambung. Kefir menganggap antibiotik sebagai racun, dan mentralkannya. sebaliknya bakteri probiotik pada kefir juga akan mati.
  • Gunakan Kefir Prima 3x sehari @150cc (satu cangkir), tambahkan madu sebagai pemanis.

Agar maag tidak kambuh:

  • Ubah cara hidup dengan cara makan yang menyebabkan maag.
  • Konsumsi kefir sebagai makanan probiotik fungsional segelas sehari sudah memadai untuk menanggulangi kambuhnya maag akibat makan yang kurang teratur, atau makan yang pedas atau asam.

Banyak sekali situs  dan web pages internet yang dapat memberi informasi tambahan mengenai kefir dan penyakit maag antara lain:

http://www.kefir.net, http://www.heliosnutrition.com, http://www.kefir.com, http://www.kefir.com.au

http://www.rawhealth.net/kefir.htm, http://www.niddk.nih.gov

mediswift.com/CIC/gastritis.htm , mediswift.com/CIC/peptic_ulcer.htm

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: